VCD Tutorial Menjahit Edisi Revisi 2015 Telah Ditambah VOKAL INSTRUKTUR sehingga LEBIH JELAS MUDAH DIPAHAMI...
  • Lembaga
  • Kegiatan
  • Pemula
  • Hem
  • Celana
  • Rok
  • Blus Kebaya
  • Blazer
  • Jas
  • Bordir
  • Mitra LPK
  • Pasca Latihan
  • Rabu, 14 Agustus 2013

    PRAKTEK MENGGUNAKAN MESIN JAHIT BAGI PEMULA


    Ada dua macam sumber tenaga penggerak putaran mesin jahit yaitu:
    1. Tenaga manusia: Mesin jahit ini menggunakan meja khusus yang dilengkapi pedal yang digenjot kaki sebagai sumber tenaga untuk memutar roda mesin jahit. Kecepatan putaran mesin dikendali oleh kecepatan genjotan kaki.
    2. Tenaga listrik: Mesin jahit ini dilengkapi dynamo listrik sebagai sumber tenaga untuk memutar roda mesin jahit. Kecepatan putaran mesin dikendali oleh pedal gas yang diinjak menggunakan kaki.
    Bagi para pemula yang latihan menjahit menggunakan mesin jahit tenaga manusia, sebaiknya melakukan pelatihan awal yang berikut:
    1. Latihan menggenjot mesin jahit tanpa ada kepala mesin jahitnya. Tujuannya adalah untuk memperoleh gerakan putar yang setabil tidak bolak-balik dengan arah putaran kedalam, menuju arah yang menjahit. Dengan tidak menghubungkan tali ke roda putar mesin jahit, membuat putaran ringan dan kunci putaran yang stabil lebih mudah ditemukan oleh gerakan kaki.
    2. Bila ketika latihan awal tali sudah dihubungkan dengan roda mesin jahit, gerakannya akan terasa lebih berat, terlebih bila sampai sering terjadi putaran yang bolak-balik dapat membawa resiko pada mesin jahit, sehingga kondisi mesin jahit bisa tidak normal lagi.
    3. Bila pada latihan tanpa dihubungkan ke mesin jahit sudah diperoleh putaran genjotan yang setabil, barulah dihubungkan dengan mesin jahit, dan kondisi mesin jahit lebih aman karena tidak ada putaran bolak-balik lagi.
    Bagi para pemula yang latihan menjahit menggunakan mesin jahit tenaga listrik, sebaiknya melakukan pelatihan awal yang berikut:
    1. Latihan menginjak pedal gas pada putaran lambat, lalu mengerem berhenti.
    2. Latihan menginjak pedal gas pada putaran sedang, lalu mengerem berhenti.
    3. Latihan menginjak pedal gas pada putaran cepat, lalu mengerem berhenti.
    4. Latihan menginjak pedal gas pada putaran yang berubah-ubah, lambat-cepat-sedang-lambat-cepat-sedang – dan seterusnya, lalu mengerem dan berhenti.
    Setelah bisa mengendalikan putaran mesin jahit, latihan pertama yang dilakukan adalah membuat jahitan lurus dan jahitan lengkung.


    Lebih jelasnya silakan disimak video latihan menjahit untuk pemula yang berikut ini:


    Semoga tulisan sederhana ini dapat diambil manfaatnya, khususnya bagi para pemula yang baru mulai latihan menggunakan mesin jahit.
    Terimakasih.
    .

    4 komentar:

    1. Terimakasih untuk tips menjahitnya.. Sangat bermanfaat.. Best Regards : Fitinline..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Makasih kembali buat mba Dwi Sulistiyani dari Fitinline (Yogyakarta?)

        Hapus
    2. mba intan terima kasih artikel tipsnya, memang kita sebagai penjahit pemula harus mengetahui juga cara menggunakan mesin jahit manual maupun yang elektrik. selain cara menggunakan mesin jahit kita juga harus mengetahui tentang Harga Jual Mesin jahit Termurah dan Terbaik Di Jakarta. semoga nti di infokursusjahit.blogspot.co.id/ ada juga tips menggunakan mesin obras ya. terima kasih

      BalasHapus
    3. Insyaallah membantu .. Makasih infox

      BalasHapus